Sebuah Gerakan

Day 1#AmbilBuku,Matikan Gadgetmu! AmBu MaGa Prolog

Bagian yang saya baca kali ini adalah pada bagian pengantar buku dan bab awal. Dibagian pengantar, buku yang diterbitkan ketika umur saya baru menginjak 4 tahun ini (buku ini terbit tahun 1986) terdapat pengantar yang disampaikan oleh tokoh Islam Muhammad Natsir.

Beliau adalah seorang ulama, politisi dan pejuang kemerdekaan Indonesia. Tokoh yang dilahirkan dari Solok, Sumatera Barat ini adalah pendiri dari organisasi Dewan Dakwah Islam Indonesi (DDII) pada masa era orde baru. Dan beliau pernah jadi Perdana Menteri kelima pada masa orde lama (1950).

Selain itu beliau juga tokoh pendiri partai Masyumi. Salah satu dari keempat partai besar di Indonesia pada masanya, sebelum dibubarkan oleh orde lama.

kembali ke buku ini, buku ini diberi pengantar oleh beliau. Dan disana beliau menyampaikan hal-hal yang kurang lebih berisi bagaimana pentingnya sebuah akhlak di masyarakat maupun dalam lingkup sebuah negara.

Sedangkan akhlak ini tak akan terbentuk tanpa adanya landasan Iman, ungkap beliau menambahkan. Salah satu pentingnya meningkatkan pondasi keimanan ini adalah membaca buku yang disampaikan oleh ulama dan mubalig. Beliau memaparkan kalau H. Bey Arifin mampu menggunakan penanya tuk berdakwah kepada umat.

Pada bagian lain dari pengantar oleh penulis buku H. Bey Arifin, seorang tokoh yang pernah menjadi ketua MUI Provinsi Jawa Timur. Beliau adalah seorang ulama, penulis, dan pengajar Indonesia kelahiran Agam Sumatera Barat. Provinsi yang sama dengan Muhammad Natsir.

Dibagian awal pengantar buku, beliau memaparkan pentingnya rukun iman :

Iman kepada Allah SWT.

Iman kepada para Malaikat.

Iman kepada kitab-kitab Allah SWT.

Iman kepada Nabi dan Rasul.

Iman kepada hari akhir

Iman kepada Qada dan Qadar.

dan buku ini adalah sebagai bagian menjelaskan dari rukun kelima yaitu iman kepada hari akhir yaitu hari setelah kematian.

Penulis menyampaikan bahwa beliau telah menulis buku-buku yang lainnya sebelumnya sesuai dengan tema rukun iman tersebut.

Beberapa judul buku karya tulisan beliau adalah

Rangkaian Cerita Dalam Al Quran

Mengenal Tuhan

Hidup Sesudah Mati

Bey Arifin kontra Yusuf Roni

Samudra Al-Fatihah

#AmbilBuku,Matikan Gadgetmu! #AmBuMaGa2020

#BulanBahasa

#FLPOke

#FLPSolo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *