Sekolah Kehidupan / wedangan Kehidupan

Belajar di sekolah kehidupan

Saya disadarkan kembali sama Allah, bahwasanya belajar itu tidak hanya di bangku perkuliahan atau sekolah. Tetapi belajar itu bisa dimana saja dalam sekolah kehidupan.

Belajar tidak hanya ada dimajelis taklim ilmu yang mengajarkan tekstual sebuah kitab. Tetapi belajar di wedangan dengan para petani tentang bagaimana bersederhana dalam kehidupan. Nerimo dan pasrah justru ada di sekolah kehidupan, wedangan ini.

Sarapan dan Wedangan pagi bersama para petani sebelum bekerja didepan rumah
Belajar dialam, Muncak lagi yuk!!

Pandangan yang sempit bahwa belajar harus ada disebuah ruang sempit bernama kelas maupun tempat bernama masjid, adalah sebuah ketidak tepatan. Belajar bisa dijalan bersama dengan para pengamen, pemulung dan lainnya.

Menu wedangan di pos 3

Saya teringat dengan kisah bagaimana Hasan Albanna konon berdakwah awal tidak di majelis taklim, tetapi berdakwah dengan metode yang tak biasa yakni metode mendekati orang yang tengah bersantai duduk di warung kopi atau warung-warung sejenis .

Teringat pula bagaimana Rasululloh SAW pun menyampaikan pembelajaran diawal tidak berada dimasjid, tetapi justru ditempat-tempat seperti pasar, rumah-rumah penduduk dan seterusnya.

wedangan di alam…di pos 3 kalau gak salah ingat di gunung lawu

Selamat belajar di sekolah kehidupan, kawan!!

#BelajarSekolahKehidupan

#WedanganKehidupan

#NgajiModern

Sumber referensi :https://www.merdeka.com/hassan-al-banna/profil/

https://www.merdeka.com/hassan-al-banna/profil/

Comments



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Setiap keluar dari jalur

22 March 2021

Sebuah nasyid 2011

24 March 2021