Mengaplikasikan pertolongan dalam Shalat

Semua orang akan mengalami permasalahan dalam kehidupannya. Ada yang bermasalah dengan pasangan hidupnya, anaknya, masalah ekonominya, pendidikan yang ditempuhnya atau berbagai macam masalah yang ada dikehidupan masing-masing kita.

Berbeda tetapi masing-masing pasti mempunyainya. Lalu masalah itu bagaimana cara mengatasi atau mencari solusi dari permasalahan itu.

Saya sendiri punya masalah pribadi yang berbeda dari orang lain. Lalu pada titik tertentu, saya mencoba tuk menganalisa dan merenungkan masalah saya itu.

Yang menjadi pertanyaan saya adalah Apakah masalah itu datangnya dari pencipta kita, dalam artian “atas ijin” Allah tuk diberikan kepada kita?

nach yang saya dapati bahwa masalah itu datang atas “ijin dari Allah”. Allah tahu kekuatan dan kemampuan kita menghadapi masalah. Nach ketika masalah itu datang dari Dzat Yang Maha Tahu, dari Dzat Yang Tahu segala solusi atas masalah itu.

Solusi terbaik adalah minta bantuan agar masalah itu dapat diselesaikan. Minta tuntunan dari Dzat Yang Maha Tahu itu.

Lalu bagaimana cara minta tolong kepadaNya. Salah satu panduannya adalah dengan minta tolong kepadaNya lewat shalat. Dan saya dapati didalam shalat itu terutama pada momen duduk iftirosh itu ada “wahdinii” atau ya Allah beri petunjuk kepadaku.

Ketika mengucapkan itu maka detailkan terhadap masalah yang sedang dihadapi saat itu. Yang butuh petunjuk cepat dari Allah. Itu yang perlu kita lakukan bersama. Perbaiki shalatmu maka Allah akan perbaiki hidupmu.

(ars EL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *