Bismillah....

Ketika kita didera dengan berbagai masalah, dari masalah yang kita anggap sebagai masalah yang besar, maupun masalah yang kita anggap sebagai sesuatu yang kecil. Lalu sebenarnya seperti apakah masalah itu?. Apakah benar itu suatu masalah buat kita. sedangkan masalah itu ternyata bukan suatu “masalah” bagi orang lain.

ada tips sederhana yang sekiranya menjadi sesuatu yang mengakar pada diri kita akan menjadinya masalah itu bukan sebagai masalah lagi. sederhana saja sebenarnya, suatu keyakinan bahwa tidak ada masalah ketika semakin mendekatkan diri kita kepada Allah, tetapi itu adalah suatu anugrah.

Jadi parameternya adalah mendekatkan tidak diri kita kepada Allah..ketika semakin mendekatkan diri kita kepada Allah, maka itu bukan sebuah masalah tetapi adalah anugrah. Yaa benar Allah menganugerahkan hal yang dapat mendekatkan kita kepada-Nya.

Kita sedang dibelai oleh Allah karena terlalu jauh dan sering melupakan-Nya. maka Allah memberikan hal itu, dan “hal itu” bagi kita dianggap sebagai suatu masalah. Allah sendiri tidak akan memberatkan hamba-Nya melainkan sesuai dengan kemampuan-nya. jadi sebenarnya yang diberikan kepada Allah yang sesuai kemampuan kita itu bukanlah sebuah masalah tetapi sebuah Anugrah. Yang tentu saja parameter seperti diatas menjadi pertanyaan bagi diri kita. Mendekatkan kepada Allah atau Tidak??.

saya juga sedang belajar tuk memahami menanamkan hal ini kepada diri saya pribadi.

 

halaqoh Senin

Masalah sebenarnya bukan suatu masalah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *